Best Entries

Sabtu, April 04, 2009

Return to Jogja


Pulangnya nih, lewat jalur yang sama. Rencana balik di hari yang sama, tapi abis Isya’ perhitungannnya sampe di Jogja pas Subuh. Hujan lagi, akh…

Ya wiz, sambil nungguin hujan, ngobrol macem2 sama tuan rumah yang bales sms kemarin di cerita sebelumnya.. Wah, saking asyiknya. Udah jam 9 malem, ujan juga udah berhenti. Baliik…

Biz pamitan, pulang dah. Untung jalannya lancer nggak macet kaya tadi siang. Ngebut itu harus hati2, meski kelajuan udah nyampe 70km/h, inget jalan masih basah, kabut pula. Yang penting sampe Jogja selamat, AMIN.

Padahal nih ya, di Puncak ada 5 kali Aku nyetir sambil tidur. Nggak tau kenapa, nggak ngerasa kalo lagi nyetir,atau dingin angin. Paksaain buka mata,, WUZZ.. Truck-Bus-Land Rover-Scooter lewat gitu aja, nah ini yang bikin Aku oleng dan turun dari jalan. Entah gimana ceritanya, ban sepeda depan udah 30cm aja di pinggir jurang. . . shock . . . Istirahat di tempat sambil nyari air buat nyuci muka. Ngerenungin apa tadi yang udah kelewat.

Adrenalin udah pelan nih, lanjutin lagi. Sampe di Padalarang, ada papan arah ke Purwokerto Aku bacanya. Lewat aja, toh arahnya juga ke Timur pikirku. Di tengah jalan udah mulai bad filling aja, masak jalur propinsi nggak ada bis yang lewat? Cuma truck. Mampir ke POM bensin sambil tanya, bener nggak Pak kalo ini jalan ke arah Purwokerto. Bingung tuh bapak yang jaga, sambil garuk-garuk kepala yang kayaknya nggak gatel sama sekali bapak itu ngomong pake’ bahasa Sunda. Waduh, ngomong apa bapak ini, mungkin tau kalo plat sepedaku W, ganti gaya bicara bahasa Indonesia itu Bapak. “Ma’af Maz, memang mau ke Purwakarta? Memang ini jalannya..”

“Ko’ nggak ngapax ya ngomongnya? Apa memang orang sunda nggak bisa ngomong O tapi A?! Ya wiz, ikut aja lah..” Pikirku waktu itu.

Lanjutin sampe Kota nih, aneh tapi nyata. Plat mobil, truck, motor pada T semua. Nggak ada yang plat R. Akh…Aku salah jalan…

Sampai mana ya? Asal jalan aja ke arah Timur,. Ada orang, tanya arah ke Jawa Tengah. Ko’ ngarahin ke Cikampek ya? Apa udah sampe di jalur Pantura. Hmm, nggak mungkin. Tapi, kenapa Aku ada di jalan yang nggak jelas nih, udah jalan pedesaan yang Cuma bisa dilalui sama satu mobil saja. Dah gitu, bensin lagi-lagi mepet merah. Oh..tidak, hilang arah lagi nih.. ?

Ada orang ronda, tanya aja arah ke Bandung kali ini aku tanya, bukan Jawa Tengah nanti salah arah lagi. Jauh kale ke Bandung, lanjutin jalan sambil was-was bensin habis cause bakal ndorong motor sampe Kota. Wuaa.. Di persimpangan jalan nggak ada papan arah. Berhenti Aku sambil ngeliatin jalan, nyari orang ngeronda, bener-bener mirip orang ilang dah.

Suara aneh muncul dari dalam rumah, yang kelihatannya mirip sanggar kayu. Penasaran nih, Aku beranikan diri buat ngintip kedalam. Haha..ada orang ngeronda lagi maen kartu. Ciip dah, langsung tanya arah ke Bandung, di tunjukin jalan yang arahnya ke bawah dari persimpangan jalan itu. Aku ditanya macam2, ujung-ujungnya diajak maen kartu. Mauku sih, tapi pinginnya Jogja. Pas nyalain motor, teringat bensin dah tipis. Jadinya ya beranikan diri buat nanya bensin deh, takutnya di tarik duduk buat maen kartu. Ternyata nggak ada bensin dan cuma 6km jarak ke POM bensin yang buka di bawah. Cukup nggak ya bensinku.

Wah, untung 300meter dari situ ada toko yang mau tutup. Kira-kira jam2 pagi waktu itu, langsung isi bensin. Hahaha..ngebut akhirnya..

Begitu keluar jalan, jangkrik.. POM bensin yang aku tanya Purwokerto tadi. Marah nih ceritanya, ngebut langsung ke Cimahi-Bandung-Cicalengka. Cuma habis 2 jam perjalanan nih. Sial, seharusnya nggak masuk ke Purwakarta, 2 jam sendiri coba muter-muter disana.

Iya, yang asik di Cicalengka nih ada pegunungan kapur yang benar-benar merupakan penambangan terbuka. Udah tinggi, besar, luas pula. Kalah Bayat. Banyak keluar masuk truk model 40an ngangkut batu kapur sebesar mobil MPV. Subhanallah…

Di Tasik udah Subuh, jam 5 kalau nggak salah. Sholat terus istirahat disana. Tidur Cuma 15 menit. Alhamdulillah, pokoknya bisa tidur meski cuma bentar. Langsuung cabut ke Banjar, harapannya kayak kemarin, banyak Cewek yang lari pagi. Ko’ malah sepi? Iya, hampir lupa kalau hari ini hari senin. Perpetaan, kuliah perpetaan nih. Waduh harus tancap gas..

Ngebut kelajuan 100km/h, nggak pandang bis atau truk yang didepan. Salip aja. Lewat hutan lagi, lewat jalan berlubang lagi (Wangon), lewat pasar lagi, lewat lintasan rel KA lagi. Sampai juga di Gombong buat ngisi bensin, sekitar jam8an. Sampai disini, pupus harapanku buat ikut kuliah. Ya sudah lanjutin aja ngebutnya sampai Jogja. Dan akhirnya pk. 10.06 WIB sampai juga di kost2an dengan keadaan masuk angin, buruk rupa.

Syukur Alhamdulillah, selesai juga aku bercerita. Efek dari semuanya, air aki habis dari Tasik ke Jogja, velg bengkong, motor coklat, sepatu jadi item, dahak keluar terus, kedinginan, mata merah sharingan, pusing, ampun dah pokoknya. Tapi, dari itu semua. Puas rasanya bisa berjalan di muka bumi.

Dan kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam dan siang hari dengan aman. (QS. 34:18)


0 feedback:

Posting Komentar