Best Entries

Rabu, April 07, 2010

Bledug Kuwu

Daerah Purwodadi itu ternyata sebuah kota dalam kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Tepat di utara Kota Surakarta dengan jalan yang berbukit, apalagi jalan utamanya yang sering dilewati truk-truk besar dengan muatan yang hampir offer. Bisa kebayang bagaimana kondisi jalan tersebut, apalagi jika dilalui pada malam hari. Kata adiknya Mbah Google, GoogleMaps, waktu tempuh dari Jogjakarta ke Grobogan (Purwodadi dan Bledug Kuwu nggak ada) hanya 2 jam 28 menit dengan jarak rata-rata 128 km. Percaya? Tidak, dengan kondisi jalan yang seperti itu, waktu ditempuh selama lebih dari 4 jam. Emang jalan tol apa? (^^.)
Route (Yogyakarta-Grobogan PP)

Jalan yang "berlubang"

Proyek perbaikan jalan

Jalan yang berlubang (lagi)

Apa Bledug Kuwu itu?
Suatu obyek wisata alam di kabupaten Grobogan, kolam lumpur yang sekarang ini “masih” aktif mengeluarkan gas (sedikit mengandung Sulfur). Bayangkan jika kita sedang minum jus yang sangat kental, sedotannya ditiup, maka muncul gelembung udara yang pecah dan bersuara bledug. Kondisi sekitarnya, hamparan lumpur yang luas dengan tiga pusat bledug di tengah hamparan.
Ada legenda terbentuknya Bledug Kuwu, sayangnya tidak diceritakan secara rinci. Dan hebatnya, hanya dengan membayar 2000 rupiah per orang untuk memasuki lingkungan ini.
Bledug Kuwu
Fenomena
Ada hal aneh yang terjadi pada rambut semua orang yang masuk ke dalam kawasan tersebut, berdiri! Kenapa ya? Ingat fenomena fisika yang rambut seorang anak bisa berdiri tegak karena electron yang mengalir pada rambutnya. Ini merupakan kejadian yang sama walau tidak semua yang berdiri, tetapi prinsip yang sama. Selain rambut, konon sering pengunjung bledug kuwu tersambar petir ketika awan mulai pekat.
Amati rambutnya!!

Kejadian yang sering terjadi lainnya, sering pula pengunjung yang nekat mendekati sumber bledug terperosok masuk kedalam lumpur. Tanah yang labil dan lunak tidak kuat menahan massa orang tersebut, semakin cepat tertelan jika berdiri. Sehingga baiknya, jika hal tersebut terjadi, disarankan untuk segera berbaring saat itu juga. Kenapa? Sebaran gaya berat yang terpusat dalam satu titik dan seterusnya.
Tim

0 feedback:

Posting Komentar