Best Entries

Minggu, Juli 21, 2013

Show 5 - 9 Besar #SUCI3


Kamu semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Stand Up Comedy. Saya mengenalnya dari Metro TV, You Tube, lalu Kompas TV (sinyal UHF nya telat masuk kosan).

Stand up comedy sudah ada sejak abad 18 lalu di Eropa dan AS. Secara umum, makan lesikal stand up comedy adalah lawakan atau komedi yang dilakukan di atas panggung oleh seseorang dengan melontarkan serangkaian lelucon berdurasi 10 sampai 45 menit.

Gaya baru dalam dunia komedi dunia ini mulai di adopsi dan mulai muncul ke permukaan semenjak kehadirannya di Indonesia yang di prakarsai KompasTV, Stand up Comedy makin populer dan makin dekat dengan masyarakat, Stand up Comedy Indonesia yang baru saja ditutup dengan kemenangan manis Babe, memang telah melahirkan banyak komika-komika berbakat tanah air.

Angin segar ini yang membawa aku untuk melihat secara dekat bagaimana seorang comic (panggilan untuk orang yang melakukan stand up comedy). Karena jujur saja, sejak pertama kali melihat #SUCI2, terlihat begitu mudah untuk melakukan stand up, orang GEJE dan Absurb kayak guwe aja bisa mendapatkan riuh tawa penonton. Hahaha..

Beruntung saat itu Show 5 #SUCI3, live show diadakan di daerah Kuningan Jakarta Selatan dan posisi waktu itu ada hampir tiga bulan sudah makaryo. Dengan perasaan was-was takut kehabisan tiket, pulang jam 5 langsung mengejar KOPAJA 66 karena berita dari mas Pandji via twit show dimulai jam 6 dan kenyataanya mooloooooooor  -__-"

Tiket #SUCI3 dan itu GRATIS!!

Di lobi keliatan sepi, hanya banner #SUCI3 doang dan ternyata, ada acara open mic yang dipandu sama Pak Akbar #SUCI1 dan Mas Gilang #SUCI2. Gayanya mirip plek sama anak kuliahan dah, nggak ada gaya Artis, bener-bener terlihat sederhana. Dan muncul jagoan yang memang aku jagoin di #SUCI3 ini, Mas Reno dan AlphiShugoi lagi kongkow di teras, muncul Bang Bene ikut nimbrung. Pengennya sih minta photo bareng, tapi secara nggak ada satupun orang yang ngajak foto, jadinya . . . ya nggak jadi... T_T

Waktu asik ngikutin itu open mic, lewat dua orang dengan gaya yang bisa dibilang "eye catching" didepan guwe. Entah siapa mereka, kayaknya sih kenal wajahnya, tapi... ya sudahlah, mereka berlalu begitu saja dan perhatianku langsung kembali ke laptop open mic.

Gate studio di buka tepat jam 7 dan semua pecinta SUCI masuk melewati tim Security. Satu-persatu masuk berbaris didalam studio dan langsung mencari kursi strategis dari kamera dan Show nya itu sendiri. Dan . . jeng-jeng-jeng-jeng . . Ada Bang Pandji Pragiwaksono di atas panggung, owh man, belum ada show tapi dianya udah mulai nyapa aja penonton yang baru nglewatin Security sambil di cercanya satu persatu.. Dan guwe pun kena . . Zzztt . . .

"Selamat datang Mas, habis Ujian Negara ya?" kata Pandji sambil melambaikan tangannya kearahku.

Sontak pecah hening diantara penonton, pada ketawa boy.. dan setiap orang yang masuk pun kena. Hasil investigasi sih, kayaknya dia mengeluarkan seluruh curahan isi hati kalau Manchaster United, tim bola kesayangannya harus kalah dari Real Madrid. Moment sekali.. Taunya emang itu kebiasaan Pandji buat mencairkan suasana di sela-sela iklan atau sebelum kamera recording. Sotoy sekali ya gue..


And this is it, SHOWTIME . .

Ternyata, yang lewat di depan ku waktu nonton open mic di lobi adalah Endah and Rhesa, Jazz Accoustic Couple meeen... Kenapa tadi nggak di cegat dan minta photo yaa..? Haha.. lupakan..

Habis nyanyi dua lagu, dan nggak tau apa judulnya (seinget sih yang ke dua adalah lagu indie), EnR manggil satu per satu itu kontestan biar naik ke atas panggung sambil melontarkan single punch line, dan temanya adalah iklan. Ini the best theme untuk sebuah Joke karena topiknya luas buanget. Over all, punch line nya kompor gas, ngundang tawa. Sampe ini diketik, punch line nya DetektiFerry yang paling kena.

Iklan itu makhluk hidup yang bernafas dengan Inslang

Akhirnya, mulai nikmatin tiap show masing-masing kontestan hingga tepat jam 11, semua sudah menunjukkan taji nya dan waktunya penjurian. kita dipersilahkan buat ISHOMA atau pulang selama 30 menit. Ternyata 25 menit kita sudah dipersilahkan kembali dan kamera berputar tepat 15 menit sebelum berganti hari. Pandji dan GePamungkas baca tiap review juri dan ternyata yang tereliminasi adalah Mas Reno dari Yogyakarta, audisi Bandung. Sedih, karena salah satu yang di jagoin selain Cak Muslim. If your step stop at here, there is ways in your right and your left (by me).

Bubar jalan 30 menit lewat tengah malam, dan... Angkot nggak ada.. Taksi rebutan.. Jalan kaki jadi pilihan..

Well pertama kalinya ngeliat record acara tipi, langsung dan diputerin di tv nasional hari minggu, 10 Maret 2013. Mantab :-bd

EnR photo di panggung open mic
se-detik yang berharga, hem putih lengan ditekuk

Videonya dari EVideoCenter:

  1. Endah N Reza - 9 Peserta Stand Up Comedy Indonesia 3 :http://youtu.be/Oi1HgfIkH_k
  2. Alphi - Iklan Tiang Listrik : http://youtu.be/mho031A48ls
  3. Gian - Bintang Iklan, Jadi Bayangan : http://youtu.be/lsGbf7iBwlc
  4. Arie - Piknik Ke Jalan Baru : http://youtu.be/kJe0x7mNHXU
  5. Ferry - Bintang Iklan Layanan Masyarakat :http://youtu.be/j56E3L7uv50
  6. Bene - Syahrini Sibuk Cari Rumput :http://youtu.be/b45VYZGSeUU
  7. Fico - Bawa Negara Ini Rusak Bawa ke Bengkel :http://youtu.be/_e-aDqSsSFw
  8. Reno - Harga Hari Senin Naik, Iklan Tayang Hari Minggu :http://youtu.be/YF7i_NjimHw
  9. Babe - Mr. Lambat Calon Bupati, Di Joblos Gak Tembus :http://youtu.be/joNG7Z9BJ8M
  10. Muslim - Iklan Tolak Asngin, Orang Pintar Disuntik Gak Nangis :http://youtu.be/3z9S372IodE
  11. Endah N Reza - Liburan Indie : http://youtu.be/PH2OrsFEx4U 


Sayangnya, aku nggak kerekam dan itu artinya gue nggak masuk tipi. Karena yang terkenal cuma sikut gue.. Hahaha.. *bukan udik

Referensi : Kompas TV, WebSejarah, dan Pengalaman Pribadi

0 feedback:

Posting Komentar